Penjabaran Soal UN Matematika SMP 2016 Kumplit
Seperti judulnya yang tertulis di atas,
inti dari penulisan artikel ini adalah untuk memberikan soal matematika UN 2016
tingkat SMP dan pembahasan. Nah pasti tentu ada soalnya serta pembahasannya
kan. Oleh karena secara keseluruhan isi artikel ini akan dipenuhi dengan kedua
hal tersebut. Lalu kak? Ya sabar dong, baca dulu sampai ke bawa. Tadi ingatin
aku untuk bersabar, sekarang elu deh yang engga sabaran.
Sifat sabar itu penting loh. Ya kalau
hidup kita tidak ada kesabaran dalam menghadapi setiap masalah tentu akan
dipenuhi dengan emosi dan huru hara. Kadang sering kali muncul rasa was was
berlebihan dalam hati. Sudah pasti semuanya itu akan menimbulkan dampak
negative bagi diri kita. Makanya sabarlah untuk menunggu soal dan pembahasan
matematika UN 2016 lengkap.
SOAL MATEMATIKA UN SMP 2016 VERSI ASLINYA
Seperti abang katakan sebelumnya bahwa
kalian perlu memiliki soalnya terlebih dahulu agar bisa memahami pembahasan
soal UN Matematika SMP tahun 2016 yang kakak tuliskan di bawah ini. Tidak
mungkin kalian memahaminya hanya dengan melihat serta mencerna cara penyelesaiannya
saja tanpa mengetahui secara jelas persoalannya. So memang sudah wajib deh elu
memilikinya.
Sebenarnya gw pernah menuliskan sebuah
posting berisi nahskah asli soalnya dalam artikel pembahasan soal UN SMP 2016
lengkap semua pelajaran. Kalau bukan link tersebut boleh, tapi aku jg ngasi kok
secara pada tulisan ini juga. Jadi engga perlulah klian berpindah tab untuk
mengunduhnya. Untuk mendaptkannya bisa lu klik tautan bergambar di bawah ini.
Nah bila udah dapatin soalnya sebaiknya
dibaca dan dipahami dulu secara keseluruhan. Bila perlu coba kerjain sendiri
terlebih dahulu. tujuannya untuk mengetahui kemampuan serta penguasaan materi.
Bila sudah berusaha keras ternyata udah mentok engga bisa menyelesaikannya,
bisa deh lihat pembahasan yang aku tulis di bawah ini.
Sebelum melangkah jauh pada pembahasan
soal UN Matematika SMP 2016, kalian harus memiliki dasar pengetahuan sedikit
meskipun tidak terlalu dalam. Ane harapkan seperti itu agar ketika gw jelasin
cara menjawab serta menyelesaikan soalnya, elu bisa memahami sambil mengingat
kembali konsep teori yang pernah dipelajari.
PEMBAHASAN SOAL UN MATEMATIKA SMP 2016 LENGKAP
Nah saatnya kita masuk ke bagian paling
inti dari artikel ini yaitu pembahasan soal Matematika UN SMP 2016 yang akan
secara lengkap serta detail rincian caranya dijelaskan. Agar lebih terarah,
penjelasannnya ane bagi menjadi empat bagian utama, yaitu:
1. Pembahasan Soal UN
Matematika SMP 2016 Nomor 1-10
2. Pembahasan Soal
Matematika UN SMP 2016 Nomor 11-20
3. Soal UN Matematika UN
SMP 2016 dan Pembahasan Nomor 21-30
4. Soal Matematika UN SMP
2016 dan Pembahasan Nomor 31-40
Nah keempat kategori tersebut akan mengisi
lanjutan tulisan ini sampai akhir penutupnya. Sekiranya bisa disimak dengan
seksama agar bisa dapat dipahami setiap cara menjawabnya.
1. PEMBAHASAN SOAL UN MATEMATIKA SMP 2016 NOMOR 1-10
Pembahasan Nomor 1 UN Matematika SMP
2016.
Penggunaan tanda # yang didefinisikan dengan mengalikan bilangan pertama dengan
kedua lalu dijumlahkan dgn yg keduanya. -4 # 3 berarti (−4 × 3) + (−4) =
−12 − 4 = −16.
Pembahasan Soal UN Mtematika SMP 2016
Nomor 2. Hal
pertama yang harus diketahui bahwa banyaknya pencapaian kerja berbanding
terbalik dengan kecepatan, tapi perbandingannya lurus terhadap waktu. Ketika
Bima dan Adit bekerja secara bersamaan tentu waktunya akan lebih
singkat.Sehingga kita bisa menghitungnya dengan cara 1/t= 1/24 + 1/8 = (1+3)/
24= 4/24. Artinya akan diperoleh t=6. Jadi, rumah itu akan selesai dicat
selama enam hari.
Soal UN matematika SMP 2016 dan
pembahasan lengkap nomor 3. Setiap toko baik rame, damain, seneng dan indah
memberikan diskon berbeda beda satu sama lain untuk harga baju dan celana.
Harga yang harus dibayar bisa diperoleh dari mengurangi nilai awal barannya
dikurangi dengan nominal yg sama dikalikan terlebih dahulu dengan persentase
diskonnya.
Rame = [80.000- (80.000 x 25/100)] +
[100.000 – (100.000 x 10/100)] = 60.000 + 90.000 = 150.000
Damai = [80.000- (80.000 x 20/100)] +
[100.000 – (100.000 x 15/100)] = 64.000 + 85.000 = 149.000
Seneng = [80.000- (80.000 x 15/100)]
+ [100.000 – (100.000 x 20/100)] = 68.000 + 80.000 = 148.000
Indah = [80.000- (80.000 x 10/100)] +
[100.000 – (100.000 x 25/100)] = 72.000 + 75.000 = 150.000
Berdasarkan perhitungan
diatas, sebaiknya Ali berbelanja di Toko Indah agar diperoleh harga yang
paling murah.
Jawaban Soal UN Matematika SMP Tahun
2016 No 4. Untuk
bisa mengerjakan soal ini kalian harus memahami arti dari skala sebuah peta
(model bangunan). Skala 1: 500 berarti setiap satu centi pada peta mewakili 500
centimeter ukuran sebenarnya. Panjang yg terlihat pada peta = 1+ 3+ 2 = 6
berarti panjang sebenarnya= 6x 500 =30000 cm= 30m. Lebar di peta = 1 + 2= 3
senti, lebar aktualnya= 3x 500 = 1.500cm = 15 m. Nah kita bisa menghitung
luasnya sama dengan 30 x 15= 450 m2.
Pembahasan Soal Nomor 5 Matematika UN
SMP 2016. Uang
Ani= 3/8x Rp400.000,00 = Rp150.000,00. Uang Ina= 5/8x Rp400.000,00 = Rp250.000,00. Jadi,
selisih kepemilikan uang keduanya = Rp250.000,00 – Rp150.000,00 =
Rp100.000,00. Cara di atas dilakukan dengan menghitung banyaknya uang tiap
orang. Sebenarnya bisa langsung dihitung dengan perbandingan selisih dan jumlah
rasionya lalu dikali dengan nominal jumlahnya. 2/8 x 400.000 pasti akan
diperoleh seratus ribu rupiah.
Pembahasan UN SMP MTK 2016 No 6. Agar bisa
mengerjakan soal penyederhaan bentuk akar seperti ini, adik adek harus mampu
menentukan faktor bentuk akarnya menjadi bagian yang memiliki akar
bulat. √45 – 3√180 = √9x √5- 3 √16 √5= 3√5 -12√5=
-9√5.
Pembahasan UN SMP MTK 2016 No 7. Supaya bisa
menyelesaikan soal ini harus kalian ketahui sifat ekponen. Meskipun tidak semua
sifatnya dipakai, hanya bilangan berpengkat dipangkatkan, maka pangkatnya
dikali. [64(3/2)]^(1/3) = [64]^(1/2)= [26]^(1/2)= 23 = 8.
Jawaban Matematika SMP 2016 Nomor 8. Soal berkaitan
dengan rasionalisasi bentuk akar dilakukan mengalikannya dengan sekawan
penyebutnya. [2/ (4+√3)] x [(4-√3)/ (4-√3)]= 8- 2√3)/ 16-3= 1/13(8 -√3).
Khusus soalnya seperti ini biasanya pada bagian di bawahnya akan memudahkan
bila dikerjakan menggunakan rumuh selisih kuadrat, (a+b) (a-b)= a2–
b2.
Pembahasan Nomor 9. Pada soal
memperlihatkan kotak yg berjejer dengan jumlahnya selalu bertambah secara
teratur. Coba perhatikan barisan 2, 4, 6, …….. seterusnya merupakan barisan
artimatika dengan suku pertama (a) = 2 dan bedanya dua. Tinggak selesaikan
menggunakan rumus Un = a+ (n-1)b. Maka U10=
2+ (20-1) 2= 2+ (19) 2= 2+ 18= 20.
UN Matematika SMP 2016 No 10. Perlu diingat rumus
untuk mencari Un deret geometri. Un= a r(n-1), U5=
5. r(5-1)= 80, r4= 16, sehingga diperoleh rasionya sama
dengan 2. Nah untuk mendapatkan suku kesembilan dapat menggunakan rumus yang
sama sehingga U9= 5. r(9-1) = 5 x 28= 5x 256= 1280.
2. PEMBAHASAN SOAL MATEMATIKA UN SMP 2016 NOMOR
11-20
Soal UN Matematika SMP 2016 Nomor 11. Uang yang dibagikan
ayah kepada anaknya selalu setengah dari banyaknya uang yg diterima oleh lebih
tua di atasnya. Karena anak pertama mendapatkan 48 lembar, maka secara berturut
turut kedua, ketiga, keempat dan kelima akan mendapatkan 24, 12, 6, 3. Sehingga
total lembaran dua ribuannya adalah 93 lembar. Makanya uang yg dibagikan ayah
kepada anaknya adalah 93 x Rp 2000 = Rp186.000.
Soal Matematika UN SMP
2016 dan Pembahasan Nomor 12. Banyaknya kue nastar dan keju
secara berurutan dinyatakan sebagai x, y. Berdasarkan informasi yang ada di
soal, didapatkan dua persamaan, yaitu: (1) x=2y, (2) 3x+ 2y =480.000.
Substitusi persamaan (1) ke persamaan (2) akan diperoleh 3(2y) +2y = 480.000,
6y+ 2y= 480.000, 8y =480.000, y= 60.000. Nilai y didapatkan dengan
menyubstitusi nilai ke x ke (1), y= 2 (60.000)= 120.000. Jadi, uang yang harus
dibayarkan untuk 2 kaleng kue nastar dan 3 kaleng kue keju adalah 2x+ 3y = 2(120.000)
+3 (60.000)= 240.000 + 180.000= Rp420.000.
Pembahasan Matematika SMP 2016 No 13. S= {x l 1 ≤ x
< 11, x bilangan cacah}= {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11}, A = {x l
1 ≤ x < 9, x bilangan kelipatan 2}= {2, 4, 6, 8}, B= {x l 1 < x
≤ 10, x bilangan prima}= {2, 3, 5, 7}. Coba perhatikan antara anggota himpunan
A dan B memiliki satu irisan yaitu 2. Selain itu juga ada tiga angka yg bukan
merupakan anggota dari keduanya yaitu 1, 9, 10, 11. Sehingga diagram Venn dari
himpunan di atas yang benar adalah gambar pada pilihan B.
Soal UN SMP Matematika
2016 Nomor 14.
Misal: A = banyak pernah berwisata ke kota Bandung serta B yg ke
surabaya Surabaya. n(S)= n(A) + n(B) – n(A∩B) + n (A∪B)c, 40=
24+ 16 – n(A∩B)+ 5, 40 =45- n(A∩B), n(A∩B)=5. Jadi, banyak
siswa yang pernah berwisata ke kedua kota tersebut adalah 5 siswa.
UN Matematika SMP 2016 No 15. (i) 4x2 − 9 = (2x + 3)(2x − 3), (ii) (2x2 + x − 3) = (2x − 3)(x + 1) salah, seharusnya (2x2 + x − 3) = (2x +3)(x−1), (iii) x2 + x − 6 = (x + 3)(x − 2) benar, (iv) x2 + 4x − 5 = (x − 5)(x + 1) salah, harusnya x2 + 4x − 5 = (x + 5)(x −1). Pernyataan yang benar adalah (i) dan
(iii).
Soal Matematika SMP 2016 Nomor 16. Berkaitan dengan
memetakan anggota sebuah himpunan ke daerah kawannya. A = {2, 3, 5}, B =
{a, u, i, e}, n(A)= 3, n(B) 4. Jadi, banyak pemetaan yang mungkin terjadi
dari A ke B adalah menggunakan rumus n(B) n(A) =43 = 64.
Matematika SMP 2016 No 17. Untuk konsep fungsi
sebenarnya sangat mudah. Tinggai mengikuti polanya saja. f(x)= 3x+ 5 artinya
fungsinya akan memetakan setiap nilai x menjadi tiga kalinya lalu ditambah
lima. Nah bagaimana bila ditanya f(2a-a). Gampang, kan awalnya f(x) ya tinggal
ganti aja setiap nilai x dengan (2a-a) maka akan menjadi 3(2a- a) + 5= 6a-6+ 5=
6a -1.
Pembahasan Nomor 18. Tarif taksi seperti
yg terlihat pada tabel mengikuti pola barisan aritmatika karena penambahan
biayanya sama. Untuk Taksi A: 7.000 (U1), 9.500 (U2),
12.000 (U3), 14.500 (U4), …….., ……… U15? beda
(b) = 2.500. U15 = a + (n-1)b = 7.000 + (15-1) 2.500= 7000
+ 14 x2.500= 7 000 + 35 000 = 42.000. Taksi B: 10.000, 12.000, 14.000, 16.000,
………, ………, U15? beda (b) = 2.000. U15 = a +
(n-1)b = 10.000 + (15-1) 2.000= 10 000 + 14x 2.000= 10.000+ 28.000=
38.000. Jadi, taksi yang sebaiknya akan digunakan oleh Yunia adalah taksi
B, karena lebih murah 4 ribu rupiah.
Nomor 19 UN Matematika SMP 2016. Agar kita bisa
menghitung kemiringan (gradien) sebuah garis atau benda yang diposisikan secara
iring, maka kita harus mengetahui elemen vertikal dan horizontalnya. Nah pada
soal, elemen vertikalnya adalah tinggi tembok = √(132 – 52) = √(169 -25) = √144= 12. jadi akan
diperoleh kemiringannya= 12/5.
UN Matematika SMP No 20. Untuk menghitung
persamaan garis bisa diketahui satu titik yang dilalui serta gradiennyaadalah
menggunakan rumus, y-y1 = m(x- x1).
Sebenarnya ada cara lain yaitu menggunakan persamaan y= mx+ c. Cara pertama
tinggal subsitusi nanti akan diperoleh nilai C. Selanjutnya tingga menuliskan
kembali ke persamaan awal dengan memasukkna nilai m dan c-nya. Tapi karena
kebanyakan guru mengajarkan dengan cara yg disebutkan pertama, sekarang pakai
langkah tersebut. y- (-2) = 2 (x- (-3)), y +2 = 2(x+3)= 2x+6, 2x-y +4=0.
3. SOAL UN MATEMATIKA UN SMP 2016 DAN PEMBAHASAN NOMOR
21-30
Soal UN Matematika SMP 2016 dan
Pembahasan Nomor 21. Hal
yang pertama harus dilakukan adalah mencari persamaan garis agar bisa diketahui
gradiennya. Untuk mencarinya bisa juga langsung Δy/Δx= 3-0/0-6= -1/2.
Karena g tegak lurus l maka m1.m2= -1. -1/2. m2=
-1, m2= 2. nah tinggal masukin ke rumus dimana x1,y1=
6,0. Maka didapatkan y-0= 2(x- 6)= y= 2x-12.
Pembahasan MTK SMP 2016 nomor 22. Misalkan banyak
mobil x dan motor y. Sesuai teks soalnya maka persamaannya 3x+ 5y= 17.000 (1),
4x+ 2y = 18.000 (2). Dapat diselesaikan dengan metode eliminasi variabel y. (1)
dikali 2 sedangkan (2) dikalikan dgn 5, sehingga akan diperoleh 6x+ 10y =
34.000 (3), 20x + 10y = 90.000. Kurangkan (3) – (4) akan didapatkan -14x =
-56.000 sehingga x= 4.000. Untuk mendapatkan nilai y, masukin nilai x tersebut
ke persamaan (1) atau (2). Untuk di sini ane ambil yg pertama aja 3(4.000) +
5y= 17.000, 5y= 5.000, y= 1.000. Karena ditanyakan 20x + 30y = 20 (4000) + 30 (
1000) = 8000+ 3000 = 110.000.
Nomor 23. Pelurus ∠KLN adalah ∠MLN, maka: ∠KLN+ ∠MLN =180, (3x +15)+
(2x+10) =180, 5x+ 25= 180, 5x= 155, x=31 derajat. nah yang ditanyakan adalah
2x+ 10= 2(31) + 10 = 62+10= 72.
No 24 SMP 2016. ∠BCA + ∠BCD= 180, 3x+ 4x+ 5=
180, 7x= 175, x=25. Maka ∠BCA = 3x= 3 (25) = 75. Maka besar sudut BAC= 180
– ∠BCA= 180- 75= 1-5
derajat.
No 25. Soal ini berkaitan dengan konsep dasar
sisi segitiga. Pada bangun datar tersebut sebenarnya ada sifat unik yg harus
diketahui, bahwa sisi terpanjang ukurannya tidak mungkin melebihi jumlah kedua
sisii lainnya. k + l > m, pernyataan benar karena k + l hasilnya lebih
besar dari m. l – m > k, pernyataan salah karena l – m hasilnya lebih
kecil dari k. k + m < l, pernyataan salah karena k + m hasilnya lebih
besar dari l. m + l < k, pernyataan salah karena m + l hasilnya lebih
besar dari k.
No 26. Untuk dapat menghitung luas daerah
yang diarsir, bisa menjumlahkan luas segitiga ADB dan ADE lalu dikurangi
luasnya ADC. Mungkin diantara kalian akan bertanya bagimana menghitung dua
segitiga pertama abang sebutin. Sebenarnya itu bisa dibentuk jajargenjang, bah
selanjutnya tinggal hitung setelngah dari luasnya. Daerah arsiran = LΔADB + LΔADE – LΔADC = (1/2 x 9x 8)+ (1/2 x 9×12) – (1/2×9 x2)= 36+ 54 – 9 = 81 cm2.
Nomor 27. Berkaitan dengan
luas bidang datar yang diaplikasikan pada perhitungan biaya untuk memagar
lahan. Jadi caranya adalah dengan mengalikan biaya permeter pembuatan pagar
dikalikan dgn kelilingnya. kebutuhan dana untuk pemagaran seluruhnya = 20.000 x
2(p+l)= 20 000 x2(22+ 18)= 20000x 2(40)= 20 ribu ruoiah kali 80 = 1,6 juta.
Pembahasan Soal No 28 MTK SMP 2016. Menggunakan konsep
phytagoras untuk menghitung jarang terpendeknya. Range paling dekat kapat
tersebut dihitung dari titik awal adalah =√[( 100)2 + (75)2] = √(10 000 + 5625) = √15.625 = 125
km.
Nomor 29 Matematika UN SMP 2016. Terlihat dengan
jelas pada gambar bahwa bidang diagonal yang tegak lurus dengan bidang BCHE
adalah bidang ADGF.
UN Matematika SMP 2016 Nomor 30. Pemuatan kerangka
balok tentu dibutuhkan alat untuk dijadikan sebagai rusuknya. Sehingga
kebutuhan materi adalah nilai total rusuknya. Panjang batang aluminium =
(100×4) + (50×4) + (80×4) = 400+ 200 + 320 = 920 cm= 9,2 m. Jadi biaya yang
diperlukan untuk membeli aluminium tersebut adalah 9,2x 60.000= Rp552.000,00.
4. SOAL MATEMATIKA UN SMP 2016 DAN PEMBAHASAN NOMOR
31-40
Pembahasan Soal UN Matematika SMP 2016
Nomor 31.
Diminta untuk menentukan luas semua permukaan prisma. Cara melakukan
dijumlahkan aja semua bidang penampangnya. Namun kita harus menentukan terlebih
dahulu ukuran PL nya menggunakan aturan phytagoras = √(82 + 62) = √(64+ 36) = √100 = 10. Luas permukaan
prisma keseluruhan = 2 [(10+16)x 8]/2 + (16×9)+ (8×9) + 2 (9×10)= 208+ 144+ 72+
180= 604.
Soal UN Matematika SMP 2016 dan
Pembahasannya Nomor 32. Untuk menghitung lebar sungai tersebut kita bisa
menggunakan konsep kesebangunan. 6/8= n/ (n+4), 8n= 6n +24, 2n= 24,
n=12. Jadi, lebar sungai tersebut adalah 12 m.
No 33. Untuk dapat menentukan luas tapak jalan
tersebut, dapat dihitung dgn cara mengurangi lahan keseluruhan dengan are yang
ditanam sayuran. Untuk tinggi lahannya dimisalkan terlebih dahulu sebagai x. 40/36
= x/18, 36x= 720, x= 20. Lalu kita hitung setiap bagiannya. Lahan utuhnya= 40 x
20= 800 m2, tempat tanaman= 36 x 18= 648 m2, maka luas
jalannya= 800 -648= 152m2.
Nomor 34. Dihitung dengan
perbandingan antara ukuran yang sudah berubah terhadap kondisi awalnya. V1=
1/3 Î r2t, 27= 1/3Î r2t, t= 81/Î r2. Nah sekarang kita cari untuk volume setelah mengalami perubahan.
V2= 1/3Î (2. 1/2 d)2 x 3t= 1/3 Î d2 3t= 1/3Î (2r)2. 3t bila diterusin akan diperoleh 324 cm2. Mumet
ngetik simbol khusus di internet agak repot. Untuk penjelasannya bisa lihat
langsung videonya di www.Herniawan.com/video.
Nomor 35 UN 2016 SMP. Masalah statistika
menentukan modus dan nila rataannya. Meskipun tidak wajib, alangkah baiknya
semua data tersebut diurutkan dari terkecil hingga paling besar. Tentu semua
akan menjawab dgn penuh keyakinan bahwa modusnya adalah 60. Untuk menghitung
meannya dilakukan dengan menjumlah semua nilai tersebut dibagi banyaknya data=
(50+ 60+ 60+ 60+ 60+ 65+ 70+ 70+ 70+ 75+ 80+ 80+ 85+ 90+ 90)/15 = 1.065/15= 71. Jadi,
modus dan rata-rata data di atas adalah 60 dan 71.
Nomor 36 Matematika UN SMP 2016. Materi statistik
berkaitan dengan nilai rata rataa gabungan. Misalkan saja banyak siswa wanita
sebagai x sedangkan pria y. Jumlah tinggi semua siswa = 137 × 30 = 4.110.
Kita bisa dapatin dua persamaan yaitu: x+ y= 30 dan 135x+ 138y =4.11o.
Bila dieliminasi akan diperoleh x= 10. Jadi, banyak siswa wanita adalah 10
orang.
Nomor 37. Untuk dapat
melakukan perhitungan datanya maka harus dituliskan terlebih dahulu berdasarkan
informasi yang ada di histogramnya. Banyak pengunjung selama lima hari
secara berturut dari senin sampai jum’at adalah 45, 40, 50+n, 30, 20.
Selanjutnya dihitung menggunakan nilai total 41= (45+ 40+ 50+n+ 30+ 20)/5, 205=
n +185, n=20. Jadi, banyak pengunjung pada hari Rabu adalah 50 + 20 = 70
orang.
Nomor 38. Pada grafik
menunjukkan keberadaan obat yang masih aktif. Zat kimia tersebut digunakan
untuk mengendalikan tekanan darah. Sisa yang masih ada pada hari pertama
sekitar 32 mg. Memang tidak terlihat jelas, namun sesuai dengan gambar
grafiknya range nya antara 30 dan 40, namun tidak sampai pada 35mg. Sedangkan
opsi pilihan lainya diluar kisaran itu.
Matematika SMP 2016 Nomor 39. Untuk bisa
menghitung peluang munculnya mata dua dadu berjumlah 7 harus didaftarkan
terlebih dahulu apa saja yang jumlahnya tujuh. Adapun pasangan tersebut
meliput: (1,6), (6,1), (2,5), (5,2), (3,4), (4,3). Jadi terdapat pasangan
sehingga peluangnya 6/62= 6/36= 1/6.
Soal Matematika SMP 2016 No 40. Bagian terakhir dari
empat puluh nomor ane bahasa secara rinci. Alhamdulillah sampai juga meskipun
ada topik lain yang akan dituliskan. Nomor terkahir ini menanyakan peluang
mengambil permen warna tertentu dinyatakan dalam persen. Nah cara untuk
menghitungnya dengan membagi kejadi yg diamati per total kejadian.
PEMBAHASAN SOAL UN MATEMATIKA SMP 2016 DALAM BENTUK
VIDEO
Nah sekarang waktunya ane akan berbagi
sedikit bantuan untuk proses belajar elu semua. Salah satu metode belajar
efektif di era digital super canggih sekarang adalah menggunakan media
pembelajaran berbasis multimedia. Tentu banyak sekali kelebihan yang
ditawarkan.
Video pembahasan soal UN Matematika SMP
2016 memungkin kalian bisa menyerap serta menangkap materi yang
disampaikan secara mudah. Jauh sekali deh bisa dibandingkan dengan cara belajar
lewat sebuah literasi buku tertentu. Kenapa demikian? karena buku kadang
membingungkan, ketika bingung engga mengerti maksudnya, harus kemapa lagi
belajar dan menanyakannya.
Belajar persiapan UN perlu dilakukan
dengan penuh keseriusan. Selai itu juga, tingkat serapan materi yang dipelajari
harus seoptimal mungkin. Selain ditentukan oleh kualitas diri tiap orang, daya
serap dipengaruhi oleh sumber atau media yg digunakan untuk belajar. Nah
seperti kakak sebutkan di atas, bahwa pembahasan soal Matematika UN SMP 2016
dalam bentuk sangat diperlukan untuk hal tersebut. Salah satu contoh tampilan
videonya dapat dilihat seperti di bawah ini.
No comments